Kamis, 16 Februari 2012

London kota terbaik untuk mahasiswa

  london

Ranking internasional itu ditujukan untuk calon mahasiswa yang ingin meraih gelar sarjana

London berada di urutan kedua, sesudah Paris, dalam ranking 50 kota terbaik di dunia untuk mahasiswa.

Para peneliti menilai kota dengan populasi lebih dari 250.000 jiwa dan merupakan rumah bagi dua atau lebih universitas ternama.

Mereka melihat faktor biaya dan kualitas hidup serta jumlah dan reputasi universitas-universitas yang ada di masing-masing kota.

Ben Sowter, peneliti senior pada QS Best Student Cities, mengatakan meski London memiliki lebih banyak universitas kelas dunia dibandingkan dengan Paris, London jauh lebih mahal.

London unggul dalam kualitas dan reputasi universitas-universitasnya, termasuk Imperial College, University College London dan Kings College London.

Kedua kota tersebut memiliki kualitas hidup yang setara, keragaman siswa dan bagaimana para pimpinan universitas mengurutkan kampus mereka sebagai sumber tenaga kerja berkualitas.

Namun biaya sekolah, yang menurut survey ini mencapai Pound 20.000 (Rp 280.600.000) setahun untuk mahasiswa internasional dari luar Uni Eropa, membuat London kalah dari Paris, yang biaya pertahunnya hanya Pound 1.000.

Sowter mengatakan, "Meski biaya sekolah menjadikan London lebih mahal dari Paris, banyaknya universitas kelas dunia di London menjadikan kota itu sebagai investasi yang berharga bagi banyak mahasiswa."

Harga burger

Ranking ini utamanya ditujukan pada mahasiswa internasional yang sedang mempertimbangkan kemana harus sekolah.

Tim riset mengevaluasi hampir 500 kota, dan memangkasnya hingga 50.

Mereka menilai sejumlah indikator seperti "kualitas hidup," yang meliputi tingkat kriminalitas dan biaya hidup.

Mereka juga melihat keragaman siswa baik dari total jumlah mahasiswa dan proporsi siswa asing.

Ukuran biaya termasuk harga burger dan biaya sekolah.

Sowter menjelaskan, "Paris atau London bukanlah kota yang murah tapi biaya sekolah di London membuat London kehilangan 13 poin."

Liam Burns, ketua Perserikatan Mahasiswa Nasional, mengatakan ranking itu adalah bukti dari kerja keras universitas-universitas London dan serikat-seirkat mahasiswa untuk menarik pelajar dari seluruh dunia.

Namun ia memperingatkan, "Jika London terus menjadi tempat yang menarik untuk sekolah kita harus memastikan akan ada tindakan yang diambil untuk mengatasi biaya hidup yang semakin tinggi."

Selain London, sejumlah kota lain di Inggris juga masuk dalam 50 besar yaitu Manchester, Birmingham dan Glasgow.

Sumber : detiknews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar