Jumat, 23 November 2012

Menetap dan Bekerja di Kota Baru

Image: Corbis.com
Image: Corbis.com
JAKARTA - Beberapa bulan setelah lulus, kita mengikuti serangkaian seleksi karyawan baru di berbagai perusahaan. Akhirnya, kita pun mendapatkan satu pekerjaan yang menjanjikan. Hanya saja, kita harus pindah kota untuk menjalani pekerjaan tersebut.

Setelah melalui rangkaian persiapan, mencari tempat tinggal baru dan mengemasi barang-barang yang kita butuhkan, kita pun pindah ke kota baru. Kini kita mulai merasa kerasan, dan betah menjalani pekerjaan dan tinggal di daerah yang tadinya asing. Bahkan, kita sudah memiliki teman baru.

Merasa nyaman (settled) setelah lulus kuliah sebenarnya enggak jauh beda dengan ketika kita masih kuliah. Dulu, kita harus mempelajari banyak hal dan beradaptasi menjadi mahasiswa. Kini, sebagai sarjana dan profesional muda, kita pun harus menyesaikan diri untuk menjadi individu dewasa yang bertanggung jawab.

Salah satu tanggung jawab penting setelah lulus kuliah adalah mengambil keputusan finansial yang berdampak pada keuntungan jangka panjang. Kita perlu memperhitungkan kepemilikan rumah, perlindungan terhadap keluarga, dan mempersiapkan dana darurat untuk berbagai kejadian tidak terduga, termasuk mengatur pengeluaran bulanan. 

Pintar dan aman


Surviving College
, Sabtu (17/11/2012) melansir, bagian dari tanggung jawab sebagai seorang dewasa adalah membuat keputusan penting tentang masa depan. Dan memilih program asuransi yang tepat adalah salah satu investasi untuk masa depan.

Pilihlah cara yang paling tepat untuk menabung. Dan jika kita adalah pengantin baru, atau berencana menikah dalam jangka waktu dekat, kita sebaiknya mempertimbangkan program finansial yang dapat melindungi pasangan kita juga.

Berpikir jangka panjang

Mengelola keuangan sehari-hari memang bisa jadi melelahkan. Tetapi, perlu diingat, kita juga perlu mempertimbangkan keputusan besar dalam bidang keuangan yang perlu kita ambil di masa depan. Berapa banyak yang harus kita simpan untuk masa pensiun? Bagaimana kita akan membiayai pendidikan anak-anak kita? Bagaimana jika sesuatu terjadi tanpa diduga pada diri atau keluarga kita? Dengan mengambil tindakan yang menjawab berbagai pertanyaan tadi sekarang, kita tidak akan terlalu stres ketimbang menghadapi kondisi ini secara mendadak.


Kita bisa menyimpan dana pensiun dengan memperhitungkan berapa yang kita butuhkan dan bisa kita simpan setiap bulan. Begitu juga jika kita berencana berkeluarga dan memiliki anak. Sebaiknya kita segera bersiap dari sekarang.

Catat dengan rapi

Dengan mencatat semua pemasukan dan pengeluaran keuangan dengan rapi, kita akan menghormati kondisi finansial kita. Tidak hanya itu, kita juga akan menyadari seberapa baik kemampuan kita mengelola keuangan.

Siap
 

Pengalaman selalu mengajarkan kita untuk menjadi seseorang yang bertanggung jawab. Ketika kuliah, kita tahu bagaimana menyeimbangkan hidup dan membagi waktu untuk belajar, mengerjakan tugas, dan hang out dengan teman-teman. Nah, kehidupan setelah lulus kuliah juga enggak jauh berbeda. Kita perlu menyesuaikan diri untuk menyeimbangkan keuangan, pekerjaan, serta kehidupan bersama keluarga dan teman.

Dengan mengambil langkah pencegaham dari sekarang, kita tidak perlu khawatir tentang apa yang akan terjadi nanti. Kita pun jadi bisa menikmati indahnya hidup.
Sumber :  Okezone.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar